Tips Merawat Tali Manila

Tali Manila

Tali Manila sudah terkenal sebagai salah satu tali yang digunakan untuk aplikasi atau kegiatan yang ringan. Jenis tali ini terbuat dari serat alami yang berwarna kuning pucat dan bisa diperoleh dari Musa textilis. Tali jenis ini seringkali disebut sebagai tali abaca karena asal-usulnya yang terbuat dari pohon abaca yang menjadi sebuah kerabat dari pohon pisang.

Langkah Perawatan untuk Tali Manila

Supaya Anda tidak banyak menghabiskan uang karena harus terlalu sering membeli tali Manila atau abaca maka penting bagi Anda untuk melakukan perawatan. Perawatan yang dilakukan pun sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Berikut ini langkah perawatan pada tali abaca:

 

  • Sebaiknya Anda harus menggunakan tali sesuai pada kapasitas dan fungsinya supaya tali bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Pada saat menggunakan tali abaja harus disertakan dengan safety factor dengan jumlah 5 pada tali yang berumur semakin lama, maka penggunaan safety factor juga lebih banyak.
  • Anda harus memastikan terlebih dahulu sebelum menggunakan bahwa tali bisa dibuka secara betul. Jangan sampai tali terjepit karena hal ini bisa merusak bagian permukaan tali abaca.
  • Saat membuka tali harus dilakukan dengan lembut karena jika membukanya terlalu kasar sangat berpengaruh pada kekuatan tali abaca.
  • Setelah penggunaan tali sudah selesai, maka silahkan disimpan pada tempat yang kering dan hindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung supaya tali abaca tidak mudah hancur.
  • Simpan tali pada permukaan yang rata dan halus supaya tali tidak mengalami kerusakan. Jika tali manila rusak maka tidak dapat berfungsi secara sempurna.
  • Selalu jaga kebersihan tali dengan cara menghindarkan tali pada permukaan tanah. Apabila tali diletakkan pada tempat yang kotor maka menjadikan partikel menempel di bagian tali. Sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap kekuatan tali.
  • Apabila tali berada dalam kondisi yang kotor maka segera bersihkan tali dari kotoran tersebut.
  • Saat menggunakan tali atau menyimpannya maka jangan sampai tali terjepit agar kekuatan pada tali tidak berkurang.
  • Pastikan bahwa penggunaan tali sesuai beban maupun ukuran tali jangan sampai beban terlalu besar karena hal ini akan membuat tali lebih cepat rusak.
  • Hindarkan tali  abaca dari bahan yang mudah terbakar.

 

Jika dibandingkan pada serat kayu, tali abaca ini lebih banyak menghabiskan biaya, sehingga harganya juga tergolong lebih tinggi dibandingkan serat kayu. Penggunaan tali abaca ini harus diperhatikan dari segi perawatannya supaya usianya pun lebih bertahan lama. Ingat! bahwa fungsinya yang sangat beragam, maka sangat berpengaruh pada penggunaannya. Apabila kondisi tali sangat baik maka penggunaannya pun juga semakin lancar.