Resistensi Antibiotik Sebabkan Kematian

Resistensi Antibiotik Sebabkan Kematian

Sumber: klikdokter.com

Apa itu resistensi antibiotik? Menurut hellosehat.com resistensi antibiotik adalah kondisi di mana bakteri penyebab infeksi kebal terhadap obat-obatan yang diberikan oleh dokter. Dilansir dari klikdokter.com resistensi antibiotik adalah kemampuan bakteri untuk bertahan hidup dari efek serangan antibiotik. Bakteri dapat mengubah dirinya sehingga efektivitas obat, bahan kimia atau bahan lain yang dirancang berkurang. Bakteri, pada prinsipnya adalah organisme yang memiliki satu sel, serta dapat ditemukan dalam maupun di luar tubuh. Bakteri makin sulit untuk dibunuh karena dapat beradaptasi dengan antibiotik dari obat. Bakteri dapat menjadi resisten terhadap antibiotik melalui beberapa cara seperti gen bakteri yang mengalami perubahan atau bakteri mendapat gen yang resisten terhadap obat dari bakteri lain. Kondisi ini lambat laun dapat mengancam kemampuan tubuh dalam melawat penyakit infeksi. Resistensi antibiotik adalah salah satu penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Resistensi antibiotik mengakibatkan sekitar sejuta kematian secara global setiap tahun pada 2005.

Apa penyebabnya? Penyebab dari resistensi antibiotik adalah bakteri yang tidak lagi dapat dimatikan dengan antibiotik sehingga mengancam kemampuan tubuh dalam melawan penyakit infeksi. Resistensi antibiotik dapat terjadi melalui proses natural, biasanya melalui perubahan atau mutasi genetik. Beberapa jenis bakteri menetralisasi antibiotik dan membuat menjadi tidak berbahaya untuk bakteri tersebut. 

Pemakaian antibiotik, terutama secara berlebihan dan salah sasaran turut mempercepat proses risestensi antibiotik. Setiap kali seseorang mengonsumsi antibiotik, maka obat tersebut akan membunuh bakteri yang sensitif terhadap antibiotik. Kelamaan, kebiasaan pemakaian antibiotik akan berperan pada penambahan jumlah bakteri yang resisten. 

Apa saja gejala yang ditimbulkan dari resistensi antibiotik ini? Gejalanya adalah ketidakmampuan antibiotik tertentu untuk membunuh bakteri penyebab penyakit. Ini dapat menyebabkan sembuhnya atau berkurangnya keluhan terkait penyakit itu. 

Ada beberapa jenis bakteri dengan ancaman resistensi antibiotik, yaitu:

  1. MDR neisseria gonorrheae 

Bakteri penyebab gonorea yang resisten terhadap antibiotik yang biasa digunakan untuk menanganinya.

  1. Clostridium difficile

Ini dapat menyebabkan diare yang dapat berakibat fatal

  1. Carbapenem-resistant enterobacteriaceae

Jenis bakteri yang resisten terhadap hampir semua jenis antibiotik yang biasa digunakan untuk menanganinya.

  1. MDR pseudomonas

Ini adalah jenis bakteri yang dikaitkan dengan pneumonia.

  1. MDR Salmonella
  2. MRSA (methicillin resistant staphylococcus aureus).
  3. Extended spectrum B-lactamase producing enterobacteriaceae

Bagaimana dengan pengobatannya? Resistensi antibiotik tidak dapat disembuhkan, oleh sebab itu tidak ada obat-obatan yang dapat diberikan untuk mengatasinya. Jika kamu berada dalam kondisi ini, diusahakan menggunakan antibiotik lain untuk membunuh bakteri penyebab penyakit.

Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya risistensi antibiotik, seperti mengonsumsi antibiotik sesuai dengan intruksi dokter, membuat semua obat-obatan yang tersisa dan jangan menggunakan tanpa berkonsultasi apda dokter, saat sedang menjalani pengobatan, jangan sampai lupa untuk minum obat dengan tepat waktu. Jangan mengonsumsi antibiotik yang diresepkan untuk orang lain dan jangan mengonsumsi antibiotik yang diresepkan untuk orang lain. Itulah hal yang dapat kamu ketahui tentang penyakit ini. Resistensi antibiotik adalah kondisi serius dan harus segera ditangani. Kamu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengonsumsi antibiotik yang cocok agar bakteri penyebab penyakit dapat dibunuh dengan cara yang tepat. Selain itu, dengan mengobati resistensi antibiotik, kamu juga akan dapat menyelesaikan masalah kesehatan dengan mengobati atau membasmi bakteri penyebab penyakit. Kenali gejalanya jika kamu orang yang sedang mengonsumsi obat antibiotik agar kamu dapat mengatasinya dengan cepat.